Follow me @ririnnurfitria

Selasa, 19 Februari 2013

Jenis-jenis Laporan Bahasa Indonesia

Hai blogger, apa kabarnya nih? Ketemu lagi nih di entri baru saya hehehe... Oke deh blogger, kali ini saya bakalan sharing tentang Materi Bahasa Indonesia yang lagi saya pelajari. Tentang bab Negosiasi nih, hehehe...

Nah, mumpung bab selanjutnya adalah Laporan dan Jenis-jenisnya, ibu guru saya nyuruh saya dan teman-tema sekelas buat laporan tentang hasil negosiasi nih. Otomatis dibuat laporan dengan jenis laporan kegiatan blogger. Sebelumnya kalian tau ga sih, apa itu laporan? Gatau yah? Oke deh saya kasih tau, jadi pengertian laporan adalah sajian fakta secara objektif mengenai peristiwa yang terjadi secara lisan maupun tulis. Kemudian fungsi laporan adalah :
  1. Mengatasi suatu masalah.
  2. Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
  3. Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
  4. Mengadaka pengawasan dan perbaikan.
  5. Menemukan teknik-teknik baru.
Selain itu, saat membuat laporan, sobat mesti tau ciri-ciri laporan yang baik itu seperti apa. Ini dia ciri-ciri laporan yang baik diantaranya :
  1. Laporan harus bersifat faktual, artinya sesuai fakta aslinya dan bukan karangan.
  2. Laporan harus sempurna dan lengkap, jadi saat blogger mau buat  laporan, mesti lengkap tuh datanya. Biar intinya bisa ditangkep sama pembaca tanpa ada hal-hal lain yang belum tercantum sehingga kalo fatal bisa bikin pembaca salah paham lho.
  3. Laporan harus disajikan secara menarik, artinya disini laporan itu ga harus bener-bener ngebosenin seperti yang blogger tau (biasanya, hehe...). Jadi laporannya mesti mengandung unsur yang bisa buat pembaca tertarik. Contohnya, bahasanya mesti mudah dicerna, gambar mengenai laporannya yang menarik (kalau laporan berbentuk tulis yah), atau isinya tentang hal yang lagi ngetren banget saat itu (aktual).
Lalu sekarang saya kasih tau deh, jenis-jenis laporan itu apa aja. Jadi ada 5 jenis laporan, diantaranya :
  1. Laporan Peristiwa, yaitu laporan yang menyajikan berita tentang proses ataupun keadaan berlangsungnya suatu peristiwa.
  2. Laporan Perjalanan, yaitu laporan yag menyajikan kegiatan jalan-jalan ke suatu tempat yang jauh dan unik.
  3. Laporan Diskusi, yaitu laporan mengenai jalannya suatu rapat atau diskusi.Sering disebut juga Notulen.
  4. Laporan Kegiatan, yaitu laporan yang menjelaskan tentang suatu kegiatan dengan rinciannya dan keruntutannya.
  5. Laporan Penelitian, yaitulaporan yang mengemukakan suatu keadaan atau peristiwa berdasarkan hasil pengamatan maupun penelitian.
Dari penjelasan diatas, blogger sudah paham kan? Secara garis besar khususnya, laporan dibuat sebagai media untuk memperjelas suatu kondisi atau keadaan. Sehingga setelah kita membuat laporan, kita bisa tau hal yang akan kita lakukan selajutnya itu apa. Oke deh blogger, paham kan? Jadi kalo blogger pengen buat laporan, sekarang udah ga susah lagi. Toh inti laporan itu yaitu menyampaikan sesuatu. Gampang kan? Hehehe..
Nah sekian dulu deh entri dari saya, lain waktu saya bagiin entri yang lebih kece lagi. Sering-sering buka blgo saya ya, dijamin pinter + kece deh, hehehe... Salam kece dari cewe kece bloggerr, terima kasih semoga bermanfaat ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat ^^